Oleh: vm2insert | Juli 1, 2011

VIPASSANA

Vipassana berarti meniti dalam diri, memfokuskan kesadaran pada diri sendiri, menilai diri sendiri, sambil menyelami samudra kehidupan itu secara  memandang kehidupan ini secara utuh.

Selama ini kita mudah menilai orang lain, tapi jarang sekali untuk dapat menilai orang lain. Ada seorang koruptor yang menjelek – jelekan seorang maling di tempatnya ia tinggal bahkan ikut memukulinya, padahal apa bedanya antara koruptor dengan maling ayam, motor, televisi dan lainnya, kedua – duanya adalah maling. Selain koruptor itu ada juga orang yang terlibat dalam penangkapan dan pemukulan terhadap maling itu dan juga ikut menghina maling tersebut. Ia adalah orang yang pernah merebut dan menguasai tanah serta warisan milik keluarganya secara serakah, lalu apa bedanya ia dengan maling yang ia pukuli.

Dalam kisah kehidupan manusia, banyak orang yang melakukan dan memiliki sifat buruk. namun selalu mengannggap diri mereka suci, ibarat pribahasa, melihat  tahi lalat di muka orang lain lebih mudah daripada melihat tahi kerbau di muka sendiri.

 Tidak perlu menjelek – jelekan karena kita sendiri dapat memiliki dan melakukan tindakan yang sama jika ada faktor – faktor pendorong.

 Menurut kepercayaan inkarnasi, seseorang yang saat ini banyak di muliakan orang dan disanjung – sanjung, pada kelahiran berikutnya dapat terhina atau banyak di benci, begitu pula sebaliknya, seseorang yang hari ini menjadi raja, bisa jadi pada kelahiran berikutnya jadi pengemis begitu juga sebaliknya, seseorang yang saat ini berwajah tampan atau cantik sehinngga banyak lawan jenis yang mencintai, pada kelahiran berikutnya sangat mungkin ia berwajah jelek sehinngga tidak ada lawan jemisnya yang tertarik kepadanya, begitu pula sebaliknya, seorang yang saat ini berprofesi sebagai polisi bisa jadi di kehidupan berikutnya ia jadi maling, begitu pula sebaliknya, orang yang saat ini menjadi pemuka agama, di kelahiran berikutnya bisa juga ia menjadi penjahat, begitu juga sebaliknya.

 Menjalani kehidupan ini berulang kali, dengan berbagai pengalaman yang berbeda – beda, lahir dari bermacam – macam keluarga , memeluk dan mempercayai agama tertentu di setiap kelahirannya, lahir dari berbagai etnis suku tertentu pada setiap kelahirannya, hendaknya kita menjadi bijak. Kasihilah segala bentuk kehidupan tanpa syarat apa pun.

 

http://vazamurfixy2.blogspot.com

 

http://vm2insert.blogspot.com

 

http://vm2insert.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: